Sambut HUT PPNI Ke 44, DPP PPNI Prioritaskan Cara Hidup Sehat

Sambut HUT PPNI Ke 44, DPP PPNI Prioritaskan Cara Hidup Sehat

Infokom DPP PPNI - Dalam rangkaian kegiatan perdana menyambut HUT PPNI Ke 44 tahun, DPP PPNI mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) bersama dengan Pengurus DPD PPNI Jakarta Selatan. Kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kesehatan masyarakat ini dilaksanakan di Graha PPNI, Jl. Lenteng Agung, Kel. Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia.

Dengan adanya program pemerintah mengenai cara hidup sehat, maka peranan perawat terlibat didalamnya.Tentunya tindakan perawat secara intensif memberikan program unggulan dibidang kesehatan ke masyarakat menjadi prioritas. Melihat kondisi yang ada, maka DPP PPNI mengaktualisasikannya dengan melakukan program kesehatan di masyarakat khususnya disekitar lokasi kantor maupun rakyat Indonesia pada umumnya. Melalui aktifitas seperti pengabdian masyarakat perlu mendapat dukungan semua pihak terkait.        

“Mudah-mudahan dengan kita berkumpul bersama menjadi lebih kenal dan lebih dekat. Gedung ini kantor  Persatuan Perawat Nasional Indonesia, disini tempat berkumpulnya teman-teman perawat, yang insya Allah menyehatkan bapak/Ibu semua. Kegiatan hari ini, dalam rangka Ulang Tahun PPNI yang ke-44 tahun. Ditahun ini kita ingin bapak/Ibu sehat terus, salah satunya kami mencoba bersama untuk melakukan kegiatan sehat. Bagaimana bapak/Ibu dapat mendapatkan ilmu pengetahuan tentang menjaga kesehatan terutama masalah hipertensi, cara senam sehat dimana senam yang sehat itu seperti senam tertawa. Ada pula pemeriksaan gula darah,” ucap Dr. Mustikasari, MARS pada saat memberikan sambutannya di Graha PPNI Jakarta, Jum’at (16/03/2018).   .

Sekretaris Jenderal DPP PPNI ini menjelaskan program ini akan berkelanjutan. “Kegiatan ini merupakan kegiatan dalam rangka mendukung program pemerintah "Gerakan Masyarakat hidup Sehat”. Kita ingin masyarakat Indonesia ini sehat, bisa mengidentifikasikan masalah terkait dengan kesehatan. Jadi bapak/Ibu silahkan bermain kesini karena perawatnya banyak, bisa berkonsultasi macam-macam nantinya. Kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, nanti kita akan lakukan lagi, terus berkala dengan teman-teman (PPNI) dari Jakarta Selatan. Direncanakan setiap bulannya ada kegiatan pengabdian masyarakat disini. Kita sebagai tenaga kesehatan akan memberikan ilmu yang banyak supaya bapak/Ibu sehat terus,” terang Mustikasari.

Pada kesempatan ini pula, Sekjen DPP PPNI mencontohkan memakan buah-buahan bersama pengunjung yang hadir. Sosialisasi ini berkaitan dengan pencanangan Germas melalui gerakan makan sayur dan buah.

Acara Pengmas ini dihadiri Drg. Roselita Ka. Puskesmas Lenteng Agung, Pengurus RW dan RT serta masyarakat yang berada dilingkungan kantor DPP PPNI.

Dalam rangkaian Pengmas, diadakan pula penyuluhan tentang Narkoba oleh Julie Aliska dari RS Bhayangkara POLRI. Pada kesempatan ini, Pengurus DPD PPNI Jakarta Selatan yang diketuai Ns. Iwan, S.Kep memberikan penyuluhan masalah PTM hipertensi, peragaan cuci tangan, senam peregangan dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Selain kegiatan pengmas, PPNI yang berulang tahun pada 17 Maret besok, akan melakukan  rangkaian kegiatan seminar dan talkshow dilanjutkan malam puncak HUT PPNI ke 44 di Hotel Bidakara Jakarta pada hari Minggu (18/3). (Ibrahim romending)